Alasan Peluang Usaha Barber Shop Menjanjikan

Urusan penampilan memang menjadi hal yang tidak boleh main-main bagi beberapa orang. Alasannya hal tersebut juga bisa berpengaruh pada karir dan juga pastinya pada rasa percaya diri. Oleh karena itulah peluang usaha seperti potong rambut atau yang dikenal dengan barbershop menjadi bisnis yang menjanjikan. Berikut beberapa alasan yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Minim Persaingan

Meskipun peluang usaha potong rambut baik itu wanita maupun pria sangat banyak, namun peluang usaha ini minim persaingan. Alasannya karena umumnya konsumen yang sudah percaya dengan pemberi jasa tertentu tidak akan berpaling ke pemberi jasa potong rambut lainnya. Oleh karena itulah Anda perlu memberikan kekhasan pada bisnis potong rambut Anda.

Apalagi bisnis ini juga umumnya tersegmentasi, mulai dari layanan potong rambut khusus pria dan anak-anak atau potong rambut khusus wanita. Jadi Anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan konsumen. Yang Anda butuhkan adalah bagaimana bisa mempromosikan bisnis Anda tersebut di awal sehingga mendapatkan konsumen yang menjadi langganan dalam usaha Anda.

2. Tidak Butuh Modal Banyak

Untuk modal awal ketika Anda ingin membuka usaha barbershop atau potong rambut, Anda tidak membutuhkan dana yang besar. Modal utama yang Anda butuhkan adalah skill atau kemampuan Anda dalam memotong rambut dan juga memberikan pelayanan terbaik. Setelahnya Anda bisa mulai membuat ruangan agar lebih nyaman lagi atau memberi tema tertentu.

Sedangkan untuk perlengkapan potong rambutnya pun, Anda tidak membutuhkan modal yang besar karena tersedia mulai dari harga yang mahal hingga yang murah. Sedangkan untuk perawatannya pun tidak begitu berat. Anda hanya perlu merawat agar pisau atau gunting cukur Anda selalu tajam sebelum pada akhirnya Anda harus menggantinya dengan yang baru.

barbershop

3. Akan Selalu Dicari

Potong rambut adalah pemberi jasa yang akan selalu dicari. Potong rambut tidak hanya dicari karena konsumen ingin tampil rapi saja, namun memang karena itu adalah kebutuhan yang mana rambut manusia akan selalu tumbuh sehingga harus selalu dipotong agar tidak mengganggu. Setidaknya setiap orang pergi ke potong rambut satu bulan sekali.

Sedangkan untuk potong rambut khusus wanita juga tidak kalah banyak dicari. Selama Anda bisa memberikan apa yang konsumen butuhkan, dalam setiap kesempatan konsumen wanita mungkin akan selalu datang dalam jangka waktu dekat baik itu untuk merubah gaya rambut hingga melakukan perawatan. Pastikan Anda memahami pasar Anda terlebih dahulu.

4. Tidak Perlu Banyak Promosi

Meskipun memang di awal Anda harus mempromosikan bisnis potong rambut Anda agar dikenal oleh publik, namun selanjutnya Anda tidak perlu melakukan banyak promosi. Pasalnya seperti yang sudah disampaikan sebelumnya jika konsumen sudah percaya dan mengakui pelayanan Anda, maka mereka akan datang kembali. 

Akan tetapi mungkin berbeda bila Anda membuka peluang usaha potong rambut wanita beserta paket perawatan tertentu, mungkin Anda perlu mengadakan promosi khusus. Terlebih jika Anda memahami betul pangsa pasar Anda, dijamin tidak akan sia-sia yang Anda promosikan. Terlebih bila pada akhirnya malah menjadi konsumen tetap Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa peluang usaha potong rambut atau yang dikenal sebagai barbershop ini bisa sangat menjanjikan. Namun bukan berarti peluang usaha ini tidak memiliki resiko. Yang terpenting Anda memahami strategi bisnisnya sehingga Anda bisa menghindari atau mengurangi resiko yang ada. Selamat mencoba.