Ini Dia Cara Screenshot di Laptop yang Mudah dan Cepat 

Screenshot merupakan salah satu proses menangkap tampilan layar yang tampil pada sebuah perangkat. Umumnya hal ini sering dilakukan pada perangkat ponsel, kini Anda juga bisa melakukannya melalui perangkat laptop. Cara screenshot di laptop pada dasarnya memiliki prinsip yang sama dengan tangkapan layar secara umum. 

Namun fitur atau tombol yang dipilih sangat berbeda dibandingkan dengan perangkat ponsel. Bahkan cara yang dilakukan cenderung lebih mudah dan juga cepat untuk dilakukan. Nantinya hasil tangkapan layar bisa disimpan sebagai data atau file berdasarkan isi dari gambar tampilan layar yang di-screenshot

Hal tersebut dapat membantu Anda dalam menyimpan beberapa informasi penting yang tampil pada layar laptop. Tidak semua tampilan dapat di-copy kemudian disalin untuk diperiksa atau dilihat kembali. Namun dengan cara screenshot maka tampilan jenis apapun bisa Anda abadikan dalam bentuk sebuah gambar untuk dilihat kembali. 

Cara Screenshot Pada Laptop

Umumnya setiap jenis laptop menggunakan sistem operasi Windows. Berbagai jenis laptop pada dasarnya memiliki cara yang sama untuk melakukan tangkapan layar. Untuk lebih jelasnya simak cara screenshot di laptop berikut ini yang bisa Anda coba. 

Tombol PrintScreen 

Jenis tombol ini sudah terpasang otomatis pada keyboard laptop maupun PC. Umumnya pada PC akan bertuliskan “PrintScreen” dan pada laptop lebih sering menggunakan tulisan “prt sc”. Jika Anda ingin menyimpan tampilan layar yang sedang muncul maka segera pilih tombol ini yang biasanya terletak pada kanan atas keyboard

Selanjutnya bukalah aplikasi Paint yang biasanya sudah terpasang otomatis pada sistem operasi Windows. Setelah itu, Anda bisa memilih menu paste dengan klik kanan atau menggunakan tombol ctrl + v. Hasil tangkapan layar tadi akan langsung terlihat pada lembar Paint dan selanjutnya simpan dengan menggunakan format JPEG maupun PNG. 

Snip & Sketch

Cara screenshot di laptop berikutnya bisa menggunakan Snip & Sketch dengan menggunakan tombol pada keyboard. Tombol yang dimaksud ialah tombol Windows, Shift dan juga huruf S. Tekan ketiga tombol tersebut secara bersamaan dan berikutnya akan muncul jendela baru tempat layar yang di-screenshot akan muncul. 

Bagian layar yang sudah terekam selanjutnya akan berubah warna menjadi lebih terang. Jika sudah berhasil maka hasil screenshot akan muncul di bagian bawah layar laptop. Selanjutnya Anda bisa memilih hasil dari proses tersebut melalui clipboard atau mengeditnya sesuai dengan kebutuhan. 

Tombol Windows + Prt Sc

Tombol PrintScreen juga bisa dipadukan dengan tombol Windows berbagai versi. Kedua tombol tersebut bisa ditekan secara bersamaan pada keyboard laptop. Selanjutnya bagian layar akan terlihat berkedip sekejap. Hal ini menunjukkan prosesnya sudah selesai dan cara screenshot di laptop yang Anda lakukan sudah berhasil. 

Hasil dari tangkapan layar tersebut akan otomatis tersimpan pada folder picture di laptop. File yang dimaksud akan otomatis memiliki nama file yaitu screenshots. Untuk melihat hasilnya Anda bisa membuka file tersebut sesuai kebutuhan.    

Menggunakan Tombol Windows + G

Anda juga bisa menggunakan game bar yaitu dengan menekan tombol Windows dan huruf G. Tekan tombol tersebut secara bersamaan sehingga muncul tampilan game bar. Pilih capture untuk menangkap layar laptop yang dimaksud. Cara ini termasuk cara yang juga cukup mudah untuk dilakukan dalam waktu yang cepat. 

itulah beberapa cara screenshot di laptop yang bisa anda lakukan untuk menyimpan tampilan layar. Beberapa cara tersebut juga berlaku untuk perangkat komputer atau PC sehingga Anda bisa menyimpan tampilan layar dalam bentuk gambar yang lebih mudah untuk dilihat kembali. Caranya cukup mudah dan cepat sampai gambar tersebut tersimpan di galeri.