Apakah NFT Bisa Menjadi Peluang Usaha Seniman Digital

Dikenal sebagai NFT atau Non Fungible Token, merupakan item digital yang marak diperjual belikan di dunia maya dengan harga yang fantastis. Namun apakah NFT bisa menjadi peluang usaha untuk para seniman digital? Berikut ini ada beberapa keuntungan peluang bisnis NFT yang marak di tahun 2021 ini. 

1. Kepemilikan

Keuntungan utama dari NFT ada dalam bukti kepemilikan. NFT berada di jaringan blockchain, sehingga mereka dapat membantu mengaitkan kepemilikan ke satu akun. Yang terpenting dari semuanya, NFT tidak dapat dibagi dan tidak dapat didistribusikan di antara banyak pemilik. Pada saat yang sama, keuntungan kepemilikan NFT memastikan bahwa pembeli aman dari kekhawatiran NFT palsu.

Kritikus NFT secara terbuka menyatakan bahwa orang bisa saja memotret NFT dan menjualnya atau bahkan menawarkannya secara gratis. Nah, Anda dapat memiliki gambar NFT. Namun, penting untuk menanyakan apakah Anda memiliki aset tersebut. Misalnya, mengunduh gambar Mona Lisa dari internet tidak menjadikan Anda pemiliknya.

2. Keaslian

Alasan kedua mengapa NFT bisa menjadi peluang usaha seniman digital adalah karena item tersebut sebagian besar bergantung pada keunikan token. NFT dibuat di blockchain, sehingga menyiratkan asosiasi catatan unik dengannya. Ciri-ciri unik NFT menunjukkan potensi mereka untuk memberikan kontribusi nilai.

Pada saat yang sama, pembuat NFT memiliki hak istimewa untuk menerbitkan hanya sejumlah NFT tertentu untuk membuat kelangkaan pasokan. Di sisi lain, kekekalan blockchain tempat NFT disimpan juga memberikan jaminan keaslian. Kekekalan dalam NFT berbasis blockchain memastikan bahwa mereka kebal terhadap modifikasi, penghapusan, atau penggantian.

peluang bisnis NFT

3. Kemudahan Berpindah

Jawaban menonjol berikutnya untuk ‘apa manfaat NFT’ terutama bagi seniman digital terbukti dalam kemampuan transfer NFT. Sangat mudah untuk memperdagangkan NFT secara bebas di pasar tertentu dengan berbagai pilihan untuk berdagang. Terlebih, banyak game mengeluarkan item dalam game, dan pemain membelinya untuk meningkatkan pengalaman bermain game mereka.  

Namun, item dalam game dibatasi hanya untuk lingkungan game, dan pemain tidak dapat menggunakannya di tempat lain.  Selain itu, pemain dapat kehilangan investasi mereka dalam koleksi atau item dalam game saat game tidak lagi populer. Dalam kasus NFT, pengembang game dapat mengeluarkan item dalam game sebagai NFT, yang dapat disimpan oleh pemain di dompet digital mereka. 

Selanjutnya, pemain dapat menggunakan item dalam game di luar game atau bahkan menjualnya untuk mendapatkan keuntungan dan menjadi peluang usaha lain. Karena NFT didasarkan pada kontrak pintar, transfer kepemilikan menjadi mudah dengan menggabungkan penggunaan kontrak pintar.  Transfer kepemilikan dapat diselesaikan setelah pemenuhan kondisi tertentu antara pembeli dan penjual yang diuraikan dalam kontrak pintar.

4. Penciptaan Peluang Ekonomi

Manfaat NFT dapat mengarah pada pengembangan dan pertumbuhan ekonomi pencipta atau seniman digital yang benar-benar baru.  Ekonomi seniman digital akan fokus membantu pembuat konten menghindari kebutuhan untuk mentransfer kepemilikan ke platform yang digunakan oleh mereka untuk mempublikasikan konten mereka.

Dengan bantuan NFT, kepemilikan konten diintegrasikan ke dalam konten saja. Jadi, ketika seniman digital menjual kontennya, dana langsung masuk ke mereka. Jika pemilik baru menjual NFT, seniman digital pembuatnya dapat menerima royalti dengan menyiapkan kontrak cerdas saat mengembangkan NFT.  

Seniman digital asli dapat menerima royalti untuk setiap penjualan kembali token karena metadata NFT menyertakan alamat pembuat.

Itulah beberapa keuntungan dari NFT sebagai salah satu peluang usaha untuk seniman digital. Semoga artikel ini bermanfaat untuk membuka mata kita terhadap peluang bisnis yang baru ini. Selamat mencoba.