Manfaat Menggunakan Bank Digital Untuk Mengelola Keuangan Usaha

Bila Anda terus mengawasi perkembangan sektor digital pada berbagai bidang, begitu pula halnya dalam urusan keuangan pun sudah tersedia fintech (financial technology) pada berbagai jenis. Dengan begitu teknologi pada sektor keuangan akan memberikan fleksibilitas dan kemudahan saat pengelolaannya. 

Manfaat Dari Bank Digital Untuk Mengelola Usaha 

1. Efisiensi bisnis 

Adanya platform digital ini tidak hanya memberikan interaksi yang baik antara nasabah dengan pihak perbankan. Tetapi juga menyediakan sistem yang lebih efisien, dimana dengan tersedianya platform digital segala urusan bisnis Anda yang berhubungan dengan perbankan tentu akan lebih mudah diselesaikan. Tanpa harus keluar untuk mencari ATM maupun mengantri di Bank.

2. Penghematan biaya 

Manfaat selanjutnya, yaitu memotong biaya aplikasi secara otomatis karena menggantikan SDM yang biasanya bekerja secara manual. Dimana pengolahan data pada bank tradisional lebih lambat, mahal dan juga rentan dengan kesalahan yang dilakukan oleh pekerja.

Sedangkan platform digital bisa mengurangi biaya dengan adanya sinergi data kualitatif dengan respon yang cepat pada perubahan pasar. Akibatnya, biaya untuk transaksi keuangan menjadi rendah. Sehingga bisa dialihkan pada hal lain, misalnya untuk berinvestasi atau menabung.

3. Akurasi meningkat 

Pada umumnya bank tradisional akan mengandalkan pengolahan menggunakan kertas, tentunya hal  tersebut berpotensi terjadinya kesalahan yang cukup tinggi dan pastinya harus dikerjakan ulang. Dimana ketika sudah selesai harus kembali dievaluasi dan diverifikasi.

Maka menjadi lebih mudah untuk mengaplikasikan solusi TI menggunakan perangkat lunak yang dapat menghasilkan akuntansi secara akurat. Ketepatan dalam perhitungan keuangan sangatlah penting untuk bank guna mematuhi aturan dari pemerintah. Tentunya hal ini akan berguna karena nantinya akan mendapatkan informasi lebih transparan dan jelas. 

4. Meningkatkan pemahaman tentang kebutuhan nasabah 

Adanya bank digital tentunya sangat membantu dalam mengelola data pemasaran dan memungkinkan pihak bank untuk meraih pasar yang jauh lebih luas serta membangun hubungan baik dengan orang-orang yang memahami tentang teknologi.

Banyak platform yang bisa melacak riwayat transaksi serta menyediakan akses dengan cepat dan mengirimkannya ke email atau berupa komunikasi lainnya secara online. Tentunya hal ini dianggap efektif dalam mengimplementasi program penghargaan untuk pelanggan yang bisa meningkatkan rasa puas serta loyalitas dari pelanggan.

5. Keamanan lebih sempurna

Baik bisnis besar maupun kecil pastinya akan ada menghadapi ancaman secara cyber yang bisa merusak reputasi. Tentunya bank akan memperoleh keuntungan dan keamanan ekstra yang dapat melindungi data milik nasabah.

Karena pemerintah memberikan himbauan sekaligus mensosialisasikan uang elektronik agar dapat mengurangi penggunaan uang cash ketika bertransaksi, maka inilah saatnya untuk beralih dalam industri financial technology.

Tips Memilih Bank Digital

1. Keamanan transaksi

Hal pertama yang harus diperhatikan, yaitu memastikan keamanannya saat melakukan transaksi. Mayoritas bank digital akan menggunakan kode OTP sebagai autentifikasi saat bertransaksi.

Selain menggunakan kode OTP, biasanya bank digital juga menambahkan biometrik, seperti sidik jari atau mendeteksi wajah. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi beberapa data pribadi guna menyelesaikan keseluruhan transaksi. Semua itu dilakukan secara digital hanya dengan smartphone yang artinya bank digital juga membutuhkan persetujuan akses data.

2. Biaya serta bunga

Sama seperti bank konvensional, bank daring juga menetapkan biaya yang tujuannya untuk transaksi dan administrasi. Karenanya Anda harus bila biaya tersebut tidaklah memberatkan.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan suku bunganya. Pilihlah bank digital yang biayanya tidak besar, namun tetap mempunyai suku bunga tinggi dan memberikan keuntungan bagi Anda.

3. Pilihan produk

Berikutnya yang harus diperhatikan, yaitu apakah bank digital yang ingin Anda gunakan mempunyai atau menyediakan semua fitur dan produk yang memang Anda butuhkan. Bila tidak adapun, periksa keuntungan yang bisa Anda manfaatkan. Beberapa yang dapat dimanfaatkan pada bank digital, misalnya seperti tabungan, giro, debit, kartu kredit hingga adanya pinjaman pribadi.

4. Kemudahan dalam bertransaksi dan membuka rekening

Menurut Forbes, keuntungan serta keunggulan yang dimiliki oleh bank digital, yakni kemudahan dalam bertransaksi. Karena Anda hanya harus menggunakan aplikasi guna menyelesaikan semua transaksi sesuai dengan kebutuhan.

Karena itu, Anda harus benar-benar memilih bank digital yang menawarkan kemudahan serta keuntungan saat Anda melakukan transaksi. Carilah bank digital dengan layanan yang tidak menghabiskan waktu terlalu saat melakukan autentifikasi untuk bertransaksi.

5. Fitur pendukung

Terakhir, pertimbangkanlah fitur-fitur yang menjadi pendukung dari bank digital pilihan. Tentunya Anda akan memilihnya karena semua kemudahan dalam segala transaksi termasuk untuk pembayaran tagihan. Karena pastinya hal tersebut yang paling dibutuhkan, mengingat kesibukan harian Anda yang tidak mungkin sempat mendatangi satu persatu instansi terkait hanya untuk membayar tagihan.

Dengan hadirnya bank digital dalam fintech tentu dapat mengurangi waktu ketika melakukan transaksi serta meningkatkan efisiensi juga menyediakan kenyamanan bila dibandingkan dengan perbankan tradisional.